0
Uncategorized

Seberapa pentingkah pemeliharaan aki genset

Meskipun PLN telah memenuhi kebutuhan listrik kita, tidak dapat dipungkiri bahwa pemadaman listrik yang tiba-tiba telah terjadi di Indonesia, membuat banyak pihak merasa dirugikan. Banyak pemimpin gereja merasa dirugikan oleh pemadaman listrik. Karena itu, generator adalah solusi untuk masalah ini. Rumah sakit, kantor, hotel, toko, dan rumah tangga membutuhkan generator untuk tetap bekerja bahkan jika listrik padam.


Sayangnya, harga generator yang digunakan tetap tinggi jika generator tidak dirawat dengan baik. Generator membutuhkan perawatan khusus, bahkan ketika tidak digunakan. Sayangnya, banyak orang berpikir bahwa generator yang tidak digunakan tidak perlu dirawat secara rutin, meskipun yang terjadi adalah sebaliknya. Semua mesin, termasuk generator, terus membutuhkan perawatan yang baik dan tepat terlepas dari kondisinya.

Jika generator tidak dapat diservis, ada masalah dengan generator. Salah satunya adalah kesulitan menyalakan generator.

Penyebab utamanya adalah masalah aki genset
Baterai unit kosong karena kurangnya muatan. Biasanya ini terjadi karena pemiliknya mengabaikan pemeliharaan baterai generator.
Filter bahan bakar pada generator tersumbat karena bahan bakar telah dikonsumsi terlalu lama atau dicampur dengan zat lain.
Saklar generator terletak pada tombol OFF dan bukan pada AUTO.
Dari tiga penyebab yang disebutkan di atas, jelas terbukti bahwa baterai adalah salah satu masalah yang biasa terjadi pada generator. Banyak pemilik generator tidak mengetahui perawatan baterai. Baterai sering tidak diperiksa, sehingga baterai kosong kemudian dan generator sulit untuk memulai.

Untuk alasan ini, perawatan rutin baterai generator untuk genset sangat penting. Selain itu, pemeliharaan generator yang baik adalah aset utama untuk umur panjang generator. Beberapa jenis pemeliharaan generator yang tercantum di bawah ini yang termasuk dalam pemeliharaan peventive harus dipelajari dengan hati-hati untuk memastikan bahwa generator selalu dalam kondisi stabil.

Pertahankan Genset Aki dengan benar

Pemeliharaan preventif adalah pemeliharaan yang terdiri dari pemeliharaan umum, pemeliharaan sistem pendingin, pemeliharaan sistem pelumasan, pemeliharaan sistem bahan bakar yang digunakan, pemeliharaan generator mulai baterai dan pemanasan generator motor.

Beberapa kondisi generator yang menyebabkan pemeliharaan preventif bagi seseorang termasuk:

Genset terlalu sering digunakan untuk arus utama
Temperatur sekitar, yang kurang bersahabat untuk generator
Genset terkena air garam
Generator terkena cuaca yang kurang bersahabat
Agregat terkena pasir atau debu
Perawatan umum
Pemeliharaan umumnya dilakukan ketika generator menyala. Hal-hal berikut harus dipertimbangkan:

bahan bakar
Pembuangan unit
baterai Generator
Mesin
sistem kontrol
Perawatan sistem pendingin
Pengujian cairan pendingin dilakukan dengan mematikan mesin. Jika generator dingin, lepaskan tutup radiator dan tambahkan pendingin yang direkomendasikan yang biasanya tercantum dalam buku petunjuk.

Pemeliharaan sistem pelumasan
Dengan mematikan generator, tunggu sekitar 10 menit dan kemudian periksa oli generator. Periksa apakah oli mengalir kembali ke generator atau tidak.

Pemeliharaan sistem bahan bakar
Seiring waktu, kualitas bahan bakar akan terus menurun. Bahan bakar juga rusak jika masa pakai terlalu lama. Karena itu penting untuk menjaga bahan bakar pada posisi basah untuk menghindari kerusakan serius pada genset. Selain itu, filter bahan bakar harus dikeringkan sehingga generator tetap permanen.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pemeliharaan generator, termasuk pemeliharaan baterai generator, diperlukan. Membiarkan baterai unit saja akan merusak generator, yang pada akhirnya merusak pengguna generator.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*