0
Uncategorized

Cara Mengganti Oli Genset

Oli Genset adalah komponen Oli genset Set yang perlu diganti secara berkala, oli mesin yang lebih baik harus diganti secara berkala mulai setiap 20 jam atau 500 jam setelah operasi, tergantung pada penggunaan genset. Berikut adalah keuntungan mengganti oli genset secara berkala, yaitu:
Mesin Genset tidak akan digunakan dengan cepat
Komponen di dalam mesin tidak akan membongkar, berkarat, atau aus.
Getaran keras pada motor genset dapat diminimalkan.
Tenaga mesin stabil.
Bagaimana cara mengganti oli Genset dengan benar
Mesin mati atau berhenti
Pastikan tidak ada kotoran korosif atau karat di sekitar mesin yang akan mencemari oli. Jenis oli yang digunakan tidak boleh dicampur, karena akan ada ketidakstabilan tekanan yang dihasilkan oleh cairan oli saat melumasi komponen mesin. Siapkan beberapa peralatan, seperti:
– Cari atau wadah untuk oli bekas
– mengisi corong
– Filter / saringan
– Lap kain atau koran bekas
– dan tombol yang sesuai.
Cara mengisi oli baru di genset, yaitu:

Buka segel oli dan periksa seberapa dalam oli harus diganti atau ditambahkan, dan kemudian pastikan oli yang Anda rencanakan tidak bocor atau mencemari lantai menggunakan corong yang disaring. Buka gasket bagian bawah dan oli bekas akan keluar dari kebocoran. Setelah selesai, diamkan selama 5 menit atau beberapa menit untuk memastikan bahwa oli yang digunakan dalam unit genset tidak tertinggal.
Mengkondisikan kembali semua mur pengunci bawah setelah itu, tuang oli baru di atas dan pastikan oli yang dimasukkan tidak melebihi batas penyegelan lengkap atau sesuai dengan persyaratan oli standar untuk genset.
Elemen penting dalam set mesin / genset adalah oli. Oli berfungsi sebagai pelumas di bagian bergerak dari set mesin / genset. Tanpa pelumasan, bagian dalam motor berkecepatan tinggi (seperti piston = +/- 300 m / s) dapat rusak dan menyebabkan kerusakan mesin yang fatal.
Oli mesin memiliki viskositas tertentu dan tidak boleh digunakan sembarangan. Viskositas yang digunakan harus sesuai dengan rekomendasi dari mesin pabrikan, tidak berdasarkan pengalaman teknisi, tidak berdasarkan pada data teknis dari mesin lain atau bahkan pada intuisi mekanik. Viskositas minyak adalah pada usia tertentu, di mana setelah mencapai periode tertentu, viskositas minyak akan berkurang bahkan ketika minyak akan kehilangan viskositasnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk melihat rekomendasi dari produsen oli mengenai data teknis oli dan usia oli di set mesin / genset (biasanya ditulis berdasarkan jam kerja atau waktu mesin). Pengguna mesin atau genset harus benar-benar memperhatikan hal ini sehingga mesin / genset dapat dirawat dengan baik.
Kualitas minyak juga harus diperhitungkan, ada minyak yang murah, tetapi memiliki kualitas rendah, di mana komposisi unsur-unsur minyak berubah dengan cepat dengan meningkatnya suhu dan waktu penggunaan.
pada ukuran yang sama dan jelas tidak lagi berisik saat digunakan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*