0
Uncategorized

Apa Itu AVR Genset dan Perawatannya

Apa AVR pada genset? Bagi orang awam, sepertinya tidak banyak yang mengerti tentang istilah AVR pada pembangkit listrik atau genset. Mungkin sebagian dari Anda akan berpikir, apa pentingnya AVR untuk generator? dan berikut ini akan membagikan beberapa informasi tentang komponen AVR dalam genset.
Secara umum, AVR adalah singkatan dari Automatic Voltage Regulator, di mana komponen ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan tegangan atau stabilitas tegangan listrik dari generator atau generator ketika dihadapkan dengan beban listrik yang sering berubah. Untuk masyarakat secara keseluruhan, biasanya diketahui bahwa tegangan pasokan yang tidak stabil akan berdampak buruk pada berbagai perangkat listrik yang ada, termasuk generator, sehingga komponen AVR diperlukan.
Untuk mempermudah, mari ilustrasikan AVR ini sebagai tangan manusia. Seorang manusia diminta memejamkan matanya dengan tangan kanannya memandang ke depan dadanya. Baru saat itulah seseorang meletakkan 3 kg berat badan di tangannya. Dengan penambahan berat badan, tubuh manusia secara otomatis akan terdorong ke bawah karena kehamilan sebelumnya. Namun, secara refleks, orang dapat menyesuaikan daya dari cengkeraman mereka sehingga beban tidak jatuh (menstabilkan) sampai kembali ke posisi semula, yaitu di depan dada.
Seperti halnya sistem yang diterapkan oleh komponen AVR, yang menerapkan prinsip refleks untuk mengatur voltase atau voltase pada genset atau generator jika terjadi perubahan beban mendadak Secara umum, saat ini, setiap kelompok generator sudah ditanam oleh komponen AVR ini, terutama untuk genset dengan kapasitas lebih dari 10 KVA. Selain itu, setiap merek generator juga memiliki komponen AVR yang unik dan berbeda. Jadi, jika komponen AVR dalam genset Anda rusak, pastikan sudah bermerek sebelum Anda memutuskan untuk menggantinya dengan AVR baru.

Apakah Anda menggunakan genset untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan listrik Anda? Atau apakah Anda menjaga stabilitas pasokan listrik dari PLN ketika padam? Jika demikian, Anda harus mengetahui AVR pada genset, karena AVR adalah bagian yang sangat penting dan mempengaruhi kinerja generator.
AVR adalah singkatan dari Automatic Voltage Regulator. AVR digunakan untuk menjaga keseimbangan atau kestabilan tegangan generator listrik ketika berhadapan dengan beban listrik yang sering berubah menjadi pasokan listrik ke semua peralatan elektronik, seperti lemari es, komputer, televisi atau bahkan yang lainnya. jenis peralatan.
Tegangan listrik yang tidak stabil akan berdampak buruk pada berbagai perangkat listrik yang ada, termasuk generator, sehingga diperlukan AVR. Inilah mengapa skema AVR generator harus digunakan. Misalnya, Anda menggunakan komputer yang ketika dihidupkan membutuhkan tegangan 220 volt, tetapi ternyata output generator kurang dari 220 volt, maka beberapa komponen dalam catu daya akan rusak, karena kurangnya kelebihan tegangan akan menyebabkan regulator daya cepat rusak. Ketika generator memiliki AVR, kondisi ini dapat diminimalkan sehingga komputer dapat berjalan lebih aman.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*